Breaking News

Information and Others

Food and Beverages

Souvenir

Software and Technology

Kamis, 11 Desember 2014

Suwar-Suwir, Jajanan Khas Jember

Yah, kali ini kami akan memposting sebuah makanan khas Kabupaten Jember, yakni Suwar-Suwir. Di pikiran anda semua, makanan khas Jember pasti adalah TAPE. Jember tidak hanya tape aja bro, Jember juga punya Suwar-Suwir sebagai ikon andalan kabupaten Jember.



Makanan ini terbuat dari tape yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan makanan seperti dodol namun lebih keras.

Penganan ini berbahan dasar tape singkong dan gula. Legit, demikian rasa yang terkandung dalam panganan itu. Zaman dulu, suwar-suwir dibuat dengan campuran buah sirsak. Namun saat ini, telah dibuat berbagai macam rasa,seperti coklat, kacang, susu dan strawberry.

Umumnya, suwar-suwir dikenal dengan rasa legit dan bentuknya yang memiliki panjang sekitar 3-4 cm. Namun kini, beberapa produsen suwar-suwir mencoba berbagai terobosan dalam kemasannya untuk menambah daya tarik.Suwar-suwir pun hadir dalam aneka rupa dan rasa.
  
Suwar-suwir memiliki kandungan gizi yang baik. Dari bahan utama suwar-suwir adalah tape singkong dimana 100 g tape singkong mengandung 173 kkal energi, 0,5 g protein, 0,1 g lemak, dan 42,5 g karbohidrat. Selain itu tape juga mengandung kalsium, fosfor, besi, dan vitamin B1, dimana singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat penting setelah beras yang mengandung 34,7% karbohidrat yang berfungsi salah satunya sebagai sumber energi dalam tubuh. Berdasarkan kandungan gizi tersebut suwar-suwir tidak mengandung kolesterol sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja. 

Berikut ini video highlight tentang suwar-suwir ^__^


Hmnn… Rasa suwar-suwir ini sangatlah enak. Rasanya manis legit, sedikit bercampur asam seperti tape. Makin lezat ketika disajikan bersama teh hangat sambil menikmati udara pagi yang sejuk. Cocok juga disajikan saat berdiskusi, santai bersama keluarga, atau bahkan saat berkumpul bersama teman-teman.

 

(FS-2414031036)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Comments

About

Designed By Kelompok 4 MENSI ITS 2014